Thursday 2 July 2015

Berhati hati membeli sesuatu di Internet

Berhati hati membeli sesuatu di Internet
Pada Zaman ini yang sudah Canggih Penipuan bukan hanya terjadi di Dunia Nyata tetapi di Dunia Maya seperti internet sudah banyak, dari sekian banyak pengguna internet pasti pernah mengalami ini tetapi untuk yang belum pernah saya harapkan jangan sampai terjadi, Begitu pula dengan saya sendiri. Terkadang si penjual mempunyai senjata manis agar si pembeli percaya begitu saja.

Terkadang penipu juga menjual dengan alasan keuangan seperti " Jual murah lagi butuh uang buat makan sehari hari" dan pembeli merasa iba atau kasihan jadi jangan seketika percaya dengan teknik seperti itu, Jika dulu penipu melalui SMS sekarang penipu bisa melalui media sosial atau online shop, Jika anda tidak ingin tertipu yang kesekian kali atau jika anda yang ingin membeli sesuatu baca cara cara dibawah.

5 Cara Membeli Sesuatu Di internet

1. Penjual Terpercaya
Usahakan anda membeli kepada penjual terpercaya jika di ibaratkan di dunia nyata, anda membeli langsung ketoko tidak kepenjual eceran jadi barang yang di beri akan lebih asli dan terpercaya, Jadi jika anda ingin membeli lewat internet lihat rating penjual, tetapi anda harus waspada bisa jadi yang memberi rating itu dia sendiri atau dia bekerja sama.

2. Kenalan
Ini cara yang paling pasti dan cara yang ampuh menurut saya karena kita sudah tau sifat mereka jadi usahakan beli kepada kenalan anda jika sepahit pahitnya terjadi penipuan anda bisa langsung datang kerumahnya dan bisa berbicara baik baik.

3. Minta Scan KTP
Scan KTP bertujuan agar mudah dilacak oleh polisi jika terjadi kejadian yang tidak dinginkan, Jika penjual belum memiliki KTP, Suruh saja menyerahkan data diri atau kartu pelajar, Tetapi hati hati juga penjual mengambil KTP dari Google.

4. Jangan Tergiur oleh Harga
Harga menjadi patokan jika anda ingin membeli sesuatu, Jika misalnya si Penjual menjual barang bagus tetapi dengan harga yang rendah berhati hatilah, ingat saja kata kata ini" Harga Mahal,Barang Bagus,Harga Murah,Barang Jelek" Tetapi berhati hati juga jika anda membeli harga mahal berang jelek.

5. Hindari F2F (Face Two Face)
Walaupun Face Two Face adalah cara yang paling ampuh tetapi bisa jadi urusannya anda bukan di tipu melainkan diculik, Trik Face Two Face anda ajak teman anda sebanyak mungkin kalau bisa anda menyruh polisi agar menghindari penculikan.


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Tentang IniPC

IniPC Blog personal yang masih banyak kekurangan jika anda yang ingin mengetahui lebih lanjut follow twitter @IniInformasiPC