Sunday 19 April 2015

Apa Itu PC dan Mengenal Perangkat Keras di Komputer

apa itu PC dan mengenal perangkat keras di komputer
PC atau Singkatan Personal Computer adalah seperangkat komputer yang hanya digunakan oleh satu orang saja / pribadi. Biasanya PC berada dilingkungan rumah, kantor, toko, dan dimana saja karena sekarang Harga PC sudah relatif terjangkau dan banyak jenisnya dari mulai Speck atau desgin.

Fungsi utama dari PC adalah untuk mengolah data input dan menghasilkan output berupa informasi sesuai dengan keinginan Pengguna (USER).
Dalam Mengolah data yang dimulai dari memasukkan data (input) sampai menghasilkan informasi, komputer memperlukan suatu sistem dari kesatuan elemen yang tidak bisa terpisahkan. Apa saja itu?

RAM ( Random Access Memory)
RAM atau Random Access Memory berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang Sedang dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile,yang artinya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang Sedang berjalan. Kapasitas RAM pada PC sangat beragam, mulai dari yang paling terkecil 256 MB hingga yang terbesar 16 GB

VGA (Video Graphic Array)
VGA atau Video Graphic Array berfungsi sebagai penghubung pengiriman data-data grafis antara PC dan display Monitor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard di Samping RAM. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.

HDD (Hard Disk Drive)
Pada Umumnya Hard-disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah komputer. Biasanya menyimpan , aplikasi, dan dokumen-dokumen. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru yang bernama SSD (Solid State Drive). Fungsinya sama seperti hard-disk, hanya berbeda dari segi kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Optical Disc Drive
Optical drive Atau CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.

PSU (Power Supply Unit)
Power Supply berfungsi sebagai perantara pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber,  ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing. Biasanya, PSU ini diletakkan di bagian belakang casing. Atau Disamping fan cooler.

2 comments:

Popular Posts

Tentang IniPC

IniPC Blog personal yang masih banyak kekurangan jika anda yang ingin mengetahui lebih lanjut follow twitter @IniInformasiPC